Rangkaian tahapan pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 resmi dimulai sejak tanggal 16 Desember 2013. Menurut Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember, Drs. Agung Purwanto, M.Si pelaksanaan SNMPTN tahun 2014 tidak begitu memiliki perbedaan mendasar dengan SNMPTN tahun 2013.

“Pelaksanaan SNMPTN Tahun 2014 hampir sama dengan tahun lalu yaitu menuntut pihak sekolah untuk lebih aktif mengambil peran serta dalam proses entry data ke Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dan mendaftarkan siswa-siswinya ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dituju,” jelas Agung.

“Untuk tahun 2014 ini, siswa juga harus aktif untuk melakukan verifikasi data yang di-entry oleh Kepala Sekolah. Hal ini untuk mengurangi kesalahan pilihan program studi (prodi). Jangan sampai siswa merasa terpaksa kuliah pada prodi yang bukan pilihannya karena merupakan prodi yang dipilihkan pihak sekolah, hasilnya tidak akan maksimal” terang Agung dengan rinci.

Mulai tanggal 6 Januari – 6 Maret 2014 2014, sekolah sudah bisa melaksanakan tahapan memasukkan data para siswanya PDSS melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id, dan kemudian untuk kelas X dan XI secara berkala harus diisikan setiap akhir semester. “Pihak sekolah harus bertanggungjawab untuk meng-entry data yang menggunakan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) sebagai username dan password,” tambah Agung.

Biaya Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru di 62 Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia melalui jalur SNMPTN ini seluruhnya ditanggung oleh negara alias gratis. “Jadi tidak ada alasan lagi bagi sekolah untuk tidak mendaftarkan siswanya di SNMPTN 2014” jelasnya.

Lebih jauh Agung Purwanto menjelaskan siswa yang berhak didaftarkan adalah siswa yang memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 SMA/MA, atau sampai semester 7 bagi SMK/MAK EmpatTahun yang telah diisikan pada PDSS. “Jadi yang menjadi dasar penilaian untuk kelulusan SNMPTN 2014, adalah rekam jejak prestasi akademik selama sekolah yang sudah di-entry-kan dalam PDSS dan hasil UN. Untuk informasi lebih jelas silahkan membuka laman www.snmptn.ac.id,” kata Agung.

Universitas Jember dalam waktu dekat akan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kantor Kementerian Agama di Kabupaten Jember, Banyuwangi, Bondowoso dan Situbondo untuk sosialisasi SNMPTN 2014. Diharapkan setelah sosialisasi ini jumlah pendaftar SNMPTN 2014 akan meningkat.(Mj/Sal/SiKuliUnej).

Post a Comment

Powered by Blogger.